Contoh RPP Untuk Microteaching
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MI Darul Fikri
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit (1 Pertemuan)
Pelaksanaan : Kamis, 04 Mei
2019
A.
Standar
Kompetensi
2. Menggunakan
pengukuran waktu, sudut, jarak, kecepatan dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
2.2 Melakukan
operasi hitung satuan waktu
C.
Indikator
2.2.1
Melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan waktu
D.
Tujuan
Pembelajaran Umum
1.
Siswa mampu melakukan operasi
hitung yang melibatkan satuan waktu
E.
Tujuan
Pembelajaran Khusus
1.
Melalui penjelasan guru, siswa
daoat melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan waktu
2.
Melalui bagan, siswa dapat menjelaskan
satuan waktu dalam kehidupan sehari-harinya
F.
Karakter Siswa
yang Diharapkan
-
Disiplin
-
Rasa hormat dan perhatian
-
Tekun
-
Tanggung jawab
G.
Metode
Pembelajaran
-
Metode : Ceramah, tanya jawab, dan penugasan
-
Model : Example non example
-
H.
Media dan
Sumber Belajar
-
Media : Gambar satuan waktu
-
Sumber : Buku Matematika Kelas V Erlangga dan Internet
I.
Materi Ajar
Satuan waktu
yang lebih kecil daripada menit yaitu detik. Berikut ini adalah kesetaraan
antarsatuan detik, menit dan jam.
1 menit = 60
detik
1 jam = 60
menit
1 hari = 24
jam
J.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Sebelum KBM
a.
Menyiapkan alat peraga, perangkat
pembelajaran, sarana dan prasarana.
b.
Menyiapkan materi pelajaran dan
tugas.
c.
Mengondisikan siswa supaya siap
mengikuti proses pembelajaran.
2.
Kegiatan Awal
(10 menit)
a.
Guru masuk kelas dan mengucapkan
salam
b.
Guru bersama siswa berdoa untuk
mengawali pembelajaran
c.
Guru memeriksa kehadiran siswa
d.
Guru memberikan apersepsi dengan
memberikan tanya jawab tentang materi, sebelumnya tentang pengukuran waktu
e.
Guru memberikan motivasi dan
menyampaikan tujuan pembelajaran
3.
Kegiatan Inti
(45 menit)
Eksplorasi:
a.
Guru menggali pengetahuan siswa tentang operasi
hitung yang melibatkan satuan waktu
b.
Guru menguraikan materi
pembelajaran dibantu dengan media gambar
c.
Siswa memperhatikan penjelasan guru
dan mencatat pelajaran
Elaborasi:
d.
Guru membagi siswa ke dalam 4
kelompok besar
e.
Setiap kelompok diberi tugas oleh
guru untuk mengerjakan lembar kerja siswa
f.
Guru berkeliling melakukan
penilaian proses dan memberikan bantuan kepada kelompok yang mengalami
kesulitan
g.
Siswa mendiskusikan materi sesuai
dengan petunjuk guru
h.
Siswa membuat laporan hasil diskusi
i.
Siswa diberi kebebasan oleh guru
untuk berdiskusi dan mengumpulkan hasil diskusi kelompoknya
j.
Perwakilan siswa mempersentasikan
hasil diskusi kelompoknya. Kelompok yang lain menanggapi hasil presentasi
laporan hasil kerja dari masing-masing kelompok
Konfirmasi:
k.
Guru mengevaluasi hasil pekerjaan
siswa di depan kelas dan meluruskan jika ada kesalahan
l.
Guru memberikan penguatan kepada
siswa
m.
Guru bersama siswa menyimpulkan
materi pembelajaran
K.
Penilaian
1.
Prosedur
Penilaian
Tes
2.
Bentuk
Penilaian
Tes tertulis
(Uraian singkat)
Soal:
1. 18 jam = …. menit
2. 3 jam = …. menit = .… detik
3. 11 jam = …. menit = …. detik
4. 5 jam + 45 menit = …. menit
5. 20 menit – 90 detik = …. detik
Kunci Jawaban:
1. 18 x 60 menit = 1.080 menit
2. 3 jam = 180 menit = 10.800 detik
3. 11 jam = 660 menit = 39.600
detik
4. 300 menit – 45 menit = 250 menit
5. 1200 detik – 90 detik = 1.110
detik
Kriteria Penilaian:
Setiap jawaban benar diberi skor 20
Skor maksimal = 100
Nilai = (Jumlah skro perolehan :
jumlah skor maksimal) x 100
Guru Kelas V,
Amirothul Maulidyana, S.Pd
NIM. 16150258
Ponorogo, 04 Mei 2019
Komentar
Posting Komentar