RPP Bahasa Indonesia MI/SD
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tugas ini
disusun untuk memenuhi pelajaran mata kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia
MI/SD
Dosen Pembimbing:
Lilis Sumaryanti, M.Pd
Disusun Oleh:
1.
Amirothul Maulidyana NIM. 16150258
2.
Ratna Erva Reviyanti NIM. 16150263
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS AGAMA
ISLAM
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH PONOROGO
TAHUN 2019
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah :
MI Darul Fikri
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas : VI/I
Alokasi Waktu :
1 x 35 menit
Hari/Tanggal :
A.
Standar
Kompetensi
Menanggapi
informasi dan dalam rubric melalui kegiatan membaca
B.
Kompetensi
Dasar
Memparafrasekan
puisi melalui kegiatan menulis
C.
Indikator
Mampu
menentukan sinonim dan antonym suatu kata dalam kalimat
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui diskusi siswa dapat
menyebutkan arti dari sinonim dan antonym
2.
Melalui tanya jawab siswa dapat
menentukan sinonim dari suatu kata
3.
Melalui penugasan siswa dapat
memberi contoh antonym dari suatu kata
E.
Materi
Pembelajaran
Sinonim dan
Antonim
Perhatikan
kalimat berikut:
1.
Ayah membaca Koran
2.
Bapak membaca Koran
Kata Ayah dan
Bapak mempunyai arti sebutan untuk orangtua laki-laki. Kata Ayah dan Bapak
adalah kata bersinonim. Sinonim adalah kata-kata yang memiliki persamaan arti.
Contoh lain:
Pintar =
Pandai
Racun = Bisa
Sedangkan
Antonim adalah kata-kata yang berlawanan arti. Contoh:
Siang x Malam
Tinggi x
Pendek
F.
Metode
Pembelajaran
Ceramah,
diskusi, tanya jawab, Make a Match, dan Penugasan
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal ( 5 Menit )
-
Mengondisikan siswa pada situasi
belajar
-
Mengabsen siswa
-
Memberikan apersepsi berupa
pertanyaan tentang apa itu sinonim dan antonym
-
Mempersiapkan materi ajar dan alat
peraga
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti ( 20 menit )
-
Guru menjelaskan tentang Sinonim
dan Antonim
-
Guru membagi siswa ke dalam dua
kelompok besar
-
Guru meminta siswa baris berbanjar
sesuai dengan kelompok
-
Guru menyiapkan kertas yang telah
tertulis kata Sinonim dan Antonim
-
Guru membagi kertas secara acak
-
Guru meminta siswa untuk
menyebutkan kata yang dipegang
-
Guru menanyakan kepada siswa yang memegang
kertas berisi Sinonim dan Antonim
-
Guru meminta siswa yang telah
menyebutkan kata untuk membuat kalimat sempurna sesuai SPOK
(Subyek-Predikat-Obyek-Keterangan)
3.
Kegiatan Akhir ( 15 menit )
-
Guru dan siswa membuat kesimpulan
bersama dari materi yang telah didapat
-
Guru memberi kesempatan untuk siswa
yang ingin bertanya
-
Guru melakukan refleksi
-
Guru melakukan evaluasi hasil
belajar
-
Guru melakukan pengayaan berupa
pemberian tugas
H.
Alat dan
Sumber Belajar
1.
Sumber Pembelajaran
Buku Bahasa Indonesia kelas VI
2.
Media Pembelajaran
Alat peraga dari kertas warna
I.
Penilaian
1.
Prosedur penilaian dilaksanakan
pada saat proses pembelajaran
berlangsung dan pada akhir pembelajaran
2.
Jenis penilaian
Tes tertulis : Isian
Alat Penilaian
LEMBAR SOAL
Butir Soal
Carilah Antonim dari kata-kata
berikut
a)
Menang =
b)
Baik =
c)
Depan =
d)
Berat =
e)
Besar =
Kunci Jawaban
a)
Menan g = Kalah
b)
Baik = Buruk
c)
Depan = Belakang
d)
Berat = Ringan
e)
Besar = Kecil
Kriteria Penilaian
1.
Jawaban yang benar di x 2
2.
Skor maksimal 10
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Ponorogo, 22 Juli 2019
Guru Kelas VI
(
___________________ )
NIP
..................................
|
LEMBAR KERJA
SISWA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VI/I
Nama Kelompok :
Anggota Kelompok :
Isilah kolom menurut pada tabel
teka-teki silang berikut dengan antonim kata adapun kolom mendatar untuk
sinonim kata.
SINONIM
|
ANTONIM
|
2.Bapak
|
1.Kiri
|
4.Nyanyian
|
3.Kalah
|
6.Rajin
|
5.Rugi
|
8.Danau
|
7.Tanya
|
10.Cocok
|
9.Penutup
|
12.Pandai
|
11.Yakin
|
KARTU BERISI KATA SINONIM DAN ANTONIM, SISWA DIBERI SATU PER SATU DAN MENCOCOKKAN MANA SINONIM DAN ANTONIM.
Komentar
Posting Komentar