Makna Media Pembelajaran dan Media Pendidikan


TUGAS I (MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN)
Nama/NIM      :  Amirothul Maulidyana/16150258
NIM                :  PGMI/S1

APA PERBEDAAN MAKNA MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA PENDIDIKAN?
Dalam suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang amat terpenting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai. Adapun beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih media, antara lain:
1.      Tujuan pembelajaran,
2.      Jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa kuasai setelah pembelajaran berlangsung,
3.      Konteks pembelajaran termasuk karakteristik siswa
Dapat dikatakan bahwa fungsi dari media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.
Hamalik mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar , dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Dan penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar akan sangat membantu keefektifan kegiatan belajar mengajar. Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berrati perantara atau pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan.
Banyak batasan yang diberikan oleh orang tentang media, Gagne menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar. Sedangakan menurut Briggs, berpendapat bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar . Contoh, buku, film, kaset/CD, dan  lainnya. National Education Association/NEA mengatkan bahwa, media adalah bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio visual serta peralatannya, sehingga media hendaknya dapat dimanipulasi bisa didengar dan dibaca. Kesimpulannya adalah media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapatmerangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.
Heinich dkk, mengemukakan istilah medium sebagai perantara yang mengantar informasi antara sumber dan penerima. Apabila media tersebut membawa pesan-pesan atau informasi yang bersifat instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran maka media itu disebut media pembelajaran. Gagne dan Briggs (1975) secara implisit mengatakan bahwa media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran, yang terdiri dari antar lain, buku, tape recorder, kaset, video, kamera, video recorder, film, slide, foto, gambar, grafik, televisi, dan komputer. Sedangkan media pendidikan digunakan secara bergantian dengan alat bantu atau media komunikasi seperti yang dikemukakan oleh Hamalik (1986) dimana ia melihat bahwa hubungan komunikasi akan berjalan lancar dengan hasil yang maksimal apabila menggunakan alat bantu yang disebut media komunikasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Bahasa Indonesia MI/SD

MAKALAH PENGEMBANGAN PKn MI/SD

Pemetaan KD ke Indikator dalam Pembelajaran Tematik